Upacara HUT RI ke-78 Tingkat Kota Batam

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Batam, Imam Tohari, S.H., M.H beserta istri mengikuti pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia (RI) tingkat Kota Batam, di Dataran Engku Putri pada Kamis (17/8/2023). Bertindak selaku Inspektur Upacara HUT Ke-78 RI, Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Marlin Agustina dan yang bertindak selaku Inspektur Upacara Penurunan Bendera, Wali Kota Batam, H Muhammad Rudi.

“Pelaksanaan upacara hari ulang tahun Republik Indonesia ke-78, Satpol PP selain menurunkan 1 Pleton personil yang mengikuti upacara baik saat kenaikan bendera hingga penurunan bendera, juga menurunkan 1 Pleton yang tersebar di beberapa titik untuk bertugas mengamankan masyarakat yang hadir antusias menyaksikan kegiatan upacara,” ujar Imam Tohari.

Adapun rangkaian acara HUT Ke-78 RI, pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto. Dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain Umar. Setelahnya, pengibaran bendera oleh Anggota Paskibraka.

Adapun Komandan Upacara HUT Kemerdekaan, Kapten Inf. Setyo Adi Nugroho selaku Danki Kompi Khusus Yonif 136 Tuah Sakti. Sebagai Perwira Upacara, Kapten Inf. Afrizal. Untuk pasukan pengibar bendera merupakan putra putri terbaik dari 12 kecamatan.

Adapun petugas Paskibraka yang bertugas membawa baki pada penaikan bendera adalah Manuella Gracia, Siswi SMA Negeri 8 Batam. Sebagai penggerek bendera adalah Subastian Sihotang, Siswa SMA Negeri 5 Batam. Pemegang tali, Alfi Zulfian merupakan Siswa SMA Negeri 20 Batam.

“Alhamdulillah upacara berjalan dengan khidmat dan masyarakat yang hadir sangat antusias, tertib dan menghormati jalannya upacara” tambah Anto, S.E Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kota Batam.
(AAN)