Apel Bersama Wakil Walikota Batam

Wakil Walikota Batam, Bapak Amsakar Achmad memberikan Arahan kepada peserta apel yang terdiri dari OPD Satpol PP dan Damkar Pemko Batam (11/02/2020)
Wakil Walikota Batam, Bapak Amsakar Achmad memberikan Arahan kepada peserta apel yang terdiri dari OPD Satpol PP dan Damkar Pemko Batam (11/02/2020)

ANGGOTA Satpol PP Kota Batam diingatkan untuk tampil lebih humanis dan memperbanyak senyum. Sehingga menjadi bukti negara hadir di setiap geliat masyarakat Batam.
Pesan ini disampaikan Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM) saat memimpin apel Satpol PP dan Pemadam Kebakaran di Dataran Engku Putri, Selasa (11/2/2020).
“Dalam bertindak ikuti protap (prosedur tetap) yang sejauh ini sudah kita pedomani. Tampil humanis, perbanyak senyum. Dan kedepankan pendekatan persuasif,” tuturnya.

Selain itu ia juga mengingatkan tiga tugas utama Satpol PP. Yaitu menegakkan Peraturan Daerah, menciptakan keamanan ketertiban, serta mengkoordinasikan penyidik pegawai negeri sipil (PPNS). “Perda yang ditegakkan Satpol PP ini kan termasuk tipiring, tindak pidana ringan. Seperti Perda Kebersihan. Jadi kalau ketemu yang buang sampah di jalan, ada hak tuan-tuan untuk menangani itu. Buat tim spesial untuk memantau. Termasuk memantau truk yang mengangkut semen, sampah, pasir, yang berceceran ke jalan,” ujarnya.

Pada apel tersebut, Amsakar juga mengapresiasi kinerja Satpol PP selama ini. Menurutnya capaian Rudi-Amsakar empat tahun terakhir tidak lepas dari kontribusi Satpol PP di lapangan.

Contohnya ketika pembersihan Pasar Induk Jodoh, Satpol PP sudah turun sesuai protap sehingga berjalan relatif lancar.
Kemudian Satpol PP juga tak segan untuk ikut turun melakukan penghijauan di Kota Batam meski bukan tugas pokoknya. “Jalan yang dilebarkan tak akan semulus sekarang kalau tidak di-support anda sekalian. Maka tugas ini harus dilaksanakan dengan baik. Hari ini, apa yang telah dilaksanakan Satpol PP sudah cukup baik. Kita bangga dengan itu. Namun ke depan mesti lebih baik lagi,” kata dia. “Ke depan kita ingin ini diperluas. Jangan sampai kita dapat informasi soal gangguan ketertiban malah dari luar, bukan dari Satpol PP di kecamatan. Maka kendaraan yang ada itu gunakanlah untuk memantau lingkungan sekitar,” pesannya.

Ia juga meminta anggota Satpol PP untuk menumbuhkan rasa bangga menjadi bagian dari satuan tersebut. Bangun korsa dan tumbuhkan perasaan ‘berkita’. Karena Satpol PP adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan.


Sumber: Media Center Pemko Batam