Renungan Suci Sambut HUT RI ke-74

SatpolPp, Batam, Jumat (16/08/2019) Renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bhakti Bulang Gebang Batam.
Sebanyak Satu Satuan Tingkat Pleton (SST) ikut serta melaksanakan apel kehormatan dan renungan suci, karena apel kehormatan tersebut merupakan agenda rutin dalam rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan.

Pada apel kehormatan kali ini yang bertindak selaku inspektur adalah Wakil Kapolresta Barelang, AKBP Mudji Supriyadi
Daftar nama pahlawan yang dimakamkan di TMP Pusara Bhakti Bulang Gebang Batam bertambah satu pada malam renungan suci HUT ke-74.

Pada malam renungan suci hari kemerdekaan 2018 jumlah pahlawan yang dimakamkan di TMP ini sebanyak 14 orang. 
Berdasarkan data Dinas Sosial dan Pemakaman, satu pahlawan yang baru dimakamkan atas nama Aristarkus Lambertus Kaligis. Meninggal pada 8 April 2019 lalu di usia 80 tahun kurang 15 hari.

Pada kesempatan tersebut ia membacakan ikrar peserta apel. Bunyinya yaitu “Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga”.

“Dan berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa serta mendapat tempat yang sewajarnya. Atas nama yang hadir dalam upacara,” tutur Mudji.

Penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin komandan upacara dengan hormat senjata. Suasana malam renungan suci ini berlangsung khidmat. Tiga menit sebelum pergantian hari, lampu di TMP Bulang Gebang dipadamkan. Sinar kemudian digantikan dengan nyala api dari obor yang dipegang anggota Pramuka. Dan tepat pukul 00.00 WIB, mengheningkan cipta berlangsung.